Cara Membuat Tabel Grafik Pada Microsoft Excel

tatarpasundan.com – Hallo bloger semuanya…. Apa kabar? Semoga kalian dalam keadaan sehat ya… Oke untuk kali ini kita akan membahas cara membuat table Grafik, sebelum nya kalian tau gak apa itu “Grafik” ? Grafik atau Diagram adalah suatu data yang terdapat dalam table yang diwakili oleh bentuk seperti simbol-simbol, dalam gambar.

Cara membuat tabel Grafik pada Microsoft Excel
Cara membuat tabel Grafik pada Microsoft Excel
  •  Fungsi Grafik

Nah kalian sudah tau kan sedikit pengertian grafik, sekarang sebelum kita masuk ke materi cara membuat table grafik pada Microsoft Excel, kita bahas dulu ya fungsi Grafik. “Fungsi Grafik” adalah untuk memperlihatkan atau menggambarkan suatu data yang berupa angka-angka kedalam bentuk data kuantitatif dengan bentuk sederhana dan untuk menjelaskan perpandingan atau perkembangan suatu obyek atau peristiwa yang saling berkaitan secara singkat, padat dan jelas.

  • Tujuan Pembuatan Grafik

Kalian juga harus tau apa Tujuan pembuatan Grafik, pembuatan grafik tujuannya untuk menunjukan perbandingan dari setiap data berupa angka secara informatif yang kualitatif dengan tampilan yang sederhana. Data data yang begitu banyak dengan menggunakan grafik anda bisa melihat perbandingannya dalam bentuk sederhana.

  • Cara Membuat Table Grafik pada Microsoft Excel

Biasanya grafik jenis “Colum” adalah grafik yang sering digunakan untuk melakukan presentasi data. Nah berikut ini kita langsung saja mengetahui langkah langkah membuat table grafik pada Microsoft Excel.

Langkah langkah membuatnya:

  • Langkah pertama anda buka dulu Aplikasi Microsoft Excel,

Dalam hal ini pasti sebelum anda membuat Grafik harus terlebih dahulu membuka aplikasi Microsoft Excel, anda bisa mencarinya di menu jendela yang paling kiri bawah di dalamnya anda cari all program Microsoft Office setelah itu anda klik Microsoft Excel.

  1. Langkah kedua anda Buat Table dan Masukan Data yang ingin anda buat grafik, Langkah ini anda buat terlebih dahulu data atau masukan terlebih dahulu data yang ingin anda jadikan grafik
  2. Langkah selanjutnya Blok Data yang akan anda jadikan grafik, dalam proses ini setelah anda selesai membuat data anda buatlah data dalam satu table setelah itu blok semua data yang ingin anda jadikan grafik.
  3. Yang ketiga anda klik menu “Insert”, langkah selanjutnya setelah anda blok semua data anda klik menu Insert yang ada di Menu bar.
  4. Didalam menu Insert terdapat fitur “Charts”, setelah anda mengklik menu Insert didalmnya terdapat fitur Charts tampilan ini akan muncul berbagai macam bentuk grafik.
  5. Setelah itu anda pilih grafik yang ingin anda buat. Langkah selanjutnya anda pilih grafik yang akan anda buat misalnya ada yang berbentuk Column, Line, Pie, Bar, Area, Scatter, Other Charts.
  6. Langkah selanjutnya setelah anda memilih grafik yang sesuai, nantinya akan muncul (next) lalu anda klik setelah itu akan muncul grafik yang anda inginkan buat dilembar kerja Excel.
  7. Untuk mengganti desain garis pada grafik pilih “Tools Quick Styles” setelah itu pilih grafik yang anda inginkan.
  8. Langkah terakhir anda tinggal sesuaikan saja dengan data yang anda buat.

Kesimpilan :

Nantinya data yang anda buat bisa dirubah kedalam bentuk grafik, karena grafik dalam pengolahan data atau untuk perbandingan data sangatlah dibutuhkan untuk memperjelaskan dari data satu dengan yang satunya yang saling berkaitan. Dengan adanya grafik anda juga bisa melihat perkembangan atau penurunan data perusahasan, Indeks prestasi juga bisa menggunakan Grafik dan lain lain.

tatarpasundan.com – Itu sedikit penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara membuat table grafik pada Microsoft Excel semoga bermanfaat bagi anda……