Materi Lengkap Teknik Dasar Permainan Bola Basket

tatarpasundan.com – Hallo gays pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang teknik dasar bola basket. Ya siapa yang tidak tau dengan permainan satu ini, bola basket cukup popular dan digemari di nusantara.

Selain menjadi permaianan yang menyenangkan ternyata bola basket ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan contohnya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai penyakit.

Oke untuk anda yang ingin mengetahui dan mempelajari permaianan yang satu ini, anda tidak salah memilih artikel ini karena pada kesempatan kali ini kita akan mengulas materi lengkap teknik dasar permainan bola basket.

Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk amerika serikat dan penduduk dibelahan dunia lainnya. Bola basket masuk ke Indonesia setelah perang dunia ke II dan dibawa oleh para perantau cina pada PON I di Surakarta.

Materi Lengkap Teknik Dasar Permainan Bola Basket
Materi Lengkap Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Permainan bola ini sudah masuk dalam acara pertandingan. Dan  pada tanggal 23 Oktober 1951, berdirilah persatuan Basketball seluruh Indonesia (PERBASI), Pada tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Dan pada tahun 1955 kepanjangan PERBASI diubah menjadi “Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia”.

  • Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Untuk dapat bermain bola basket anda harus menguasai teknik teknik dasarnya terlebih dahulu. Penguasaan teknik yang baik dan  benar akan membantu anda dalam memenangkan pertandingan. Oleh karena itu, cobalah berlati dengan teman-teman dengan menerapkan perilaku kerja sama, tanggung jawab, dan disipin yang tinggi, maka hal itu akan membantu anda menjadi kepribadian yang baik. Berikut teknik teknik yang harus anda ketahui :

Melempar Bola (Passing)

Passing atau melempar bola merupakan jantung dari permainan bola basket. Passing dilakukan dengan capet dank eras sehingga bola dapat dikuasai oleh teman yang menerimanya. Jenis passing ada empat yaitu chest pass (operan dada), bounce pass (operan pantul), overhead pass (oper dari atas kepala), dan baseball pass (operan dari samping).

Cara melakukan operan pantulan sebagai berikut dibawah ini :

  1. Sikap yang pertama posisi kaki sejajar dengan lutut agak ditekuk, dan posisi bola dipegang di depan dada.
  2. Pelepasan bola dilakukan dengan cara mendorong bola dengan dua tangan dan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan mengarah kebawah dilepas kira-kira setinggi pinggang.
  3. Pantulan harus dekat dengan kaki penjaga, diusahakan 1/3 dari penerima
  4. Bola harus dapat diterima pada ketinggian antara lutut dan pinggang.

Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola (dribbling) adalah suatu cara membawa bola kedepan dengan cara memantul mantulkan bola ke lantai dengan satu tanggan atau dengan cara bergantian, baik dengan berjalan maupun berlari. Hal terpenting yang harus diperhatikan dalam merakukan dribble adalah melindungi bola agar tidak mudah direbut lawan.

Menembak (Shooting)

Menembak adalah sasaran akhir setiap bermainan, juga termasuk unsur yang menentukan kemenangan dalam pertandingan sebab kemenangan ditentukan oleh banyaknya bola masuk ke dalam keranjang (basket). Setiap serangan selalu berusaha untuk dapat melakukan tembakan.

Dasar-dasar teknik menembak sebenarnya sama dengan teknik operan, disamping itu juga tepat tidaknya mekanik gerakan dalam menembak menentukan baik buruknya tembakan. Teknik menembak berkaitan erat dengan gerakan tipu, lompat dan blok.

Tembakan Melayang (Lay Up Shoot)

Lay Up Shoot adalah menembak bola sedekat mungkin dengan ring basket yang didahului dengan dua langkah. Kalau langkahnya dimulai dengan kaki kanan, gerakannya Kanan – Kiri – Lompat. Kalau dimulai dengan kaki kiri, gerakannya Kiri – Kanan – Lompat. Berikut ada 3 hal penting saat melakukan tembakan lay up shoot.

  1. Saat menerima bola harus dalam keadaan melayang
  2. Langkah pertama harus lebar atau jauh untuk keseimbangan, lagkah kedua pendek untuk memperoleh awalan tolakan yang kuat agar dapat meloncat setinggi-tingginya.
  3. Saat melepaskan bola untuk tembaklan, bola harus dilepas (dilecutkan) dengan kekuatan lecutan ujung jari.

Tatarpasundan.com – Nah itu sedikit penjelasan dari artikel ini tentang teknik dasar permainan bola basket, semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda.