Pengertian Outdoor Education Menurut Para Ahli

tatarpasundan.com – Mungkin kalian sedikit bingung dengan nama olahraga outdoor education apalagi teman-teman yang kurang fasih berbahasa inggiris,tapi tidak apa-apa dengan kalian memasuk halaman artikel ini kalian merupakan orang yang belajar.

Baik kita bahas terlebih dahulu dari sudut pandang umum,outdoor education merupakan upaya penyamapaian belajar dengan menggunakan metode di luar kelas,kalo kita pisah kata perkata disana tertulis kata outdoor kamus besar bahasa inggris mengandung arti diluar ruangan dari kata pertama sudah di jelasakan seacara jelas.

Pengertian Outdoor Education Menurut Para Ahli
Pengertian Outdoor Education Menurut Para Ahli

Sedangkan untuk kata education atau dengan kata lain adalah pendidikan,ketika dua kata ini di hubungkan menjadi satu kesatuan bisa mengartikan satu definisi yan sangat unik yaitu pembelajaran di luar kelas.

Maksud dan tujuan pembelajaran ini memberikan suasana baru dalam penyampaian sebuah pembelajaran agar anak didik lebih cepat merespon apa yang di lakukan oleh guru nya. Ketika seorang guru menggunakan metode ini penulis yakin akan memberikan mudah di serap oleh muridnya.

Sedangakan menurut para ahli,menurut  J. Cahyaningt     (t.t : 42) dua kata yang berasal dari bahasa inggris ini bila di kaitkan dengan pemebelajaran berarti kegiatan di luar kelas.

Dan menurut Depdiknas (2007:45-46) pembelajaran di luar kelas dalam rangka pengembangan motoric siswa didik.

Menurut  Lilis Suryani, (2008:1) karya wisata dapat di rancang sedemikan rupa sehingga dapat membuat nilai-nilai pendidikan . yang berarti ketika menggunakan metode outdoor education tempat bermain pun bisa di jadikan tempat yang lebih berguna.

Karena sangat popular salah satu olahraga ini di jadikan bahan pelajaran untuk mahasiswa sehingga bisa di kembangkan lagi menjadi lebih baik lagi.contoh nya dengan mamasukan permainan dalam penyampaian itu membuat pembelajaran inin menjadi semakin menarik.

Pemainan apa saja sih yang bisa di masukan kedalam pembelajaran ini:

  1. Permainan kekompakan

Contoh permainan kekompakan yaitu bentengan,hadang dan masih banyak lagi permainan yang bisa di modifikasi.

  1. Permainan Ketangkasan

Contohnya dari permainan ini adalah tebak  tebakan,ketepatan dalam memilih suatu objek dan lain-lain.

Banyak yang juga yang berpendapat kalau model yang satu ini kurang tepat karena tidak kurang efektif karena anak tidak mudah di kendalikan,memang benar penulis tidak menyalahkan tetapi pasti ada cara untuk mengantisipasinya loh,semuanya nya kembali kepada pribadi masing-masing.

Bagaimana menerapkan,mengontrol,dan juga mengaplikasikannya dengan baik.semuanya bisa di atasi.

Untuk melakukan outdoor education ada beberapa langkah yang harus di ikuti :

  1. Pertama guru langsung mengajak siswa ke tempat
  2. Menyuruh siswa untuk membuat kelompok
  3. Membuka pelajaran dengan salam
  4. Memberikan suatu motivasi
  5. Setelah itu baru membiarkan anak-anak bermain dengan pengawan guru
  6. Dan di akhir pelajaran guru memberikan stimulus untuk siswa,dengan begitu siswa akan cepat kembali merangsang dan masuk kedalam alam bawah sadar siswa.

Dari rangkaian kalimat-kalimat di atas pasti terdapat nilai positif dan negatifnya semoga kalian bisa menyerap hal positif dari artikel di atas karena penulis yakin bahwa teman-teman disini pintar-pintar.

Sekian artikel dari penulis semoga apa yang penulis tuangkan dalam artikel ini bisa teman teman jadikan bahan pelajaran yang baik,apabila ada masukan untuk penulis silahkan tuangkan di bagian kolom komentar  yah,Karena komentar yang baik dari kalian membuat penulis semakin lebih bersemangat untuk menulis lagi yang lebih bagus lagi dan lagi.

tatarpasundan.com – Terimakasih sudah berkenan membacanya