Kumpulan Rumus Excel Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

tatarpasundan.com – Hallo semua kali ini kita akan membahas tentang rumus yang ada di Microsoft Excel, tentunya kalian taukan  apa itu Ms. Excel? Untuk laian yang belum tau pengertian Ms. Excel jangan bingung di artikel ini mari kita bahas apa itu Ms. Excel ? Microsoft Excel adalah bagian dari aplikasi Microsoft Office yang berfungsi untuk pengolahan angka atau penghitungan.

Setelah mengetahui pengertian Ms. Excel, untuk kalian yang masih belajar menggunakan Microsoft Excel atau baru pertama kali menggunakan aplikasi ini belum tau apa saja fungsi dari rumus Excel, sebelumnya kalian tau gak apa itu rumus ? “Rumus” adalah suatu cara singkat atau cepat untuk mengetahui informasi atau data, tentunya dengan dilambangkan oleh angka, huruf atau pun tanda.

Kumpulan Rumus Excel Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya
Kumpulan Rumus Excel Lengkap dengan Fungsi dan Contohnya

Sebelum kita membahas mengenai rumus Excel lengkap dengan fungsinya, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai fungsi Microsoft Excel, setiap aplikasi pastinya memiliki fungsi untuk penggunanya. Berikut adalah fungsi dari Ms. Excel :

  1. Untuk pembuatan laporan keuangan dalam bidang akuntansi dan suatu perusahaan
  2. Untuk mebuat grafik data
  3. Untuk bukti administrasi dalam intansi
  4. Dan lain-lain.

Setelah anda mengetahui pengertian, fungsi dari aplikasi Microsoft Excel selanjutnya kita akan membahas mengenai Rumus Excel lengkap dengan fungsinya, jangan lupa baca sampai selesai ya supaya kalian bisa memahami tentang rumus yang ada di Microsoft Excel.

Rumus Microsoft Excel beserta fungsinya

  1. SUM, berfungsi untuk penjumlahan total atau menjumlahkan semua data nilai pada range. Missal =SUM(B2:B11) maksudnya menjumlahkan data dari kolom B2 sampai B11.
  2. AVERAGE, berfungsi untuk menentukan rata-rata nilai. Misal =AVERAGE(B2:B11) maksudnya mencari nilai rata-rata dari kolom B2 sampai B11.
  3. MAX, berfungsi untuk mencari nilai terbesar atau tertinggi. Misalnya =MAX(B2:B11) maka akan muncul nilai terbesar dari sederetan range
  4. MIN, berfungsi untuk mencari nilai terkecil. Misal =MIN(B2:B11) maka akan muncul nilai terkecil dari sederetan range
  5. COUNTA, berfungsi untuk menghitung jumlah teks pada suatu range. Missal =COUNTA(A2:A11) maka akan muncul jumlah tekt atau nama siswa pada range
  6. COUNT, berfungsi untuk menghitung jumlah dari sederetan bilangan pada range. Missal =COUNT(B2:B11) maka akan muncul jumlah bilangan pada range
  7. AND, berfungsi untuk menghasilkan TRUE jika semua argument yang di uju bernilai BENAR dan FALSE jika salah satu atau semua bernilai salah maka nilainya SALAH. Contoh jika semua siswa dalam ujian prakteknya harus diatas nilain 7 dinyatakan lulus, tapi jika nilai ujiannya dibawah nilain 7 maka dinyatakan tidak lulus.
  8. NOT, kebalikan dari fungsi AND yaitu jika TRUE jika yang di ujikan bernilai SALAH dan FALSE jika di ujikan bernilai BENAR.
  9. SINGLE IF, berfungsi untuk menguji suatu kebenaran. Contohnya =IF(C10<60,”TIDAKLULUS”,”LULUS”) artinya jika ada nilai ujian prakteknya kurang dari 60 maka ujian prakteknya TIDAK LULUS, tapi sebaliknya jika ujian prakteknya lebih dari 60 maka LULUS.
  10. MULTI IF, fungsinya sama dengan Single If tetapi ini di ambil dari dua kondisi. Contohnya =IF(E10<60,”D”,IF(E10<80,”C”,IF(E10<90,”B”,”A”))) jadi jika nilai nya kurang dari 60 maka nilai ujian prakteknya C tapi jika lebih dari 60 nilai prakteknya bisa B atau A.

tatarpasundan.com – Demikan penjelasan mengenai Rumus Excel lengkap dengan fungsinya dan contohnya, menggunakan aplikasi Excel memang sangat membantu kalian dalam proses penghitungan tetapi kalian juga harus memahami dan mengerti tentang rumus-rumus yang ada di dalam aplikasi Excel sehingga pekerjaan kalian bisa cepat selesai. Itu saja penjelasan dari artikel ini semoga bermanfaat bagi pembacanya.