Strategi Pembelajaran Penjas Adaptif Untuk Anak Tunagrahita

tatarpasundan.com –  Penjas adaptif merupakan merupakan penyampaian materi yang bersifat menyeluruh yang di rancang untuk memenuhi,merancang,masalah  dalam psikomotorik. Pendidikan ini sangat cocok sekali untuk anak yang berkebutuhan khusus.

Masalah psikomotorik diakibatkan oleh kurangnya kemampuan dalam system sensomotorik,keterbatasan dalam kemampuan belajar. Untuk sebagian anak berkebutuhan khusus sangat mempunyai masalah dalam social dan tingkah laku.

Tujuan pendidikan ialah memanusiakan manusiakan manusia,karena anak berkebutuhan khusus selalu di pandang sebelah mata,maka lahir lah sebuah pendidikan yang di tujukan untuk anak berkebutuhan khusus (tunagrahita).

Strategi Pembelajaran Penjas Adaptif Untuk Anak Tunagrahita
Strategi Pembelajaran Penjas Adaptif Untuk Anak Tunagrahita

Pembahasan yang pertama ialah Tunagrahita, Tunagrahita merukapan redaksi mental maksdunya anak yang mempunyai keterbelakangan mental. Untuk menghadapi masalah ini setiap guru di haruskan sabar dalam mengajarinya.

Ciri-ciri anak tunagrhita :

  1. Lemah fikiran ( feeble-minded)
  2. Terbelakang mental (Mentally Retarded)
  3. Bodoh atau dungu (Idiot)
  4. Pandir (Imbecile)
  5. Tolol (moron)
  6. Oligofrenia (Oligophrenia)
  7. Mampu Didik (Educable)
  8. Mampu Latih (Trainable)
  9. Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau Butuh Rawat
  10. Mental Subnormal
  11. Defisit Mental
  12. Defisit Kognitif
  13. Cacat Mental
  14. Defisiensi Mental
  15. Gangguan Intelektual

Karakter anak tunagrhita

  • Tunagrhita ringan

Anak yang kekurangan seperti ini sangat banyak memiliki kelebihan dan kemampuan. Mereka sangat mamou untuk di latih.

  • Tunagrhita sedang

Untuk anak yang satu ini beda dengan anak yang tunagrahita ringan,anak ini masih bisa di ajak organisasi,kelebihan nya kurang mahir dalam menulis.

  • Tunagrhita berat

Anak tunagrahita yang sngat berat yaitu anak idiot,anak ini sangat susah untuk di ajak komunikasi bahkan merekamengendalikan diri sendiri aja sangat sulit diri sendiri,makanya kalo anak yang satu ini sangat butuh pengawasan dari orang tua,atau pengawasnya

Untuk permainan yang anak yang idiot ada satu permainan,apakah anda tahu permainan bocce pemainan untuk yang ini di kembangkan untuk disable intelektual.

Tapi di luar negeri sudah ada loh kompetisinya,cara memainkan permainan booce yaitu permainan dengan mellempar bola.

Pertandingan booce memodifikasi cara bermain nya yaitu bola sasaran yang di gantung 3 buah, 1 berukuran kecil dan 2 berukuran besar, bola kecil yang letaknya di tengah di apit bola besar disisi kiri dan kanan bola besar.  Bola kecil adalah poin tertinggi bagi yang mengenai sasaran. Setiap anak-anak di beri kesempatan untuk melempar sebanyak 3x dengan menggunakan bola yang ukuranya bola besar.

Sebenarnya masih sangat banyak metode yang seharusnya di lakukan oleh seorang guru di sekolah luar biasa yang di haruskan kesabaran yang lebih karena ketika kita kembali lagi ke dalam konteks awal bahwa fungsi pendidikan ialah memanusiakan manusia kita ambiil pelajaran itu aja.

Untuk mahasiswa atau guru saya sangat menyarankan untuk memberikan pelajaran nya dengan ikhlas dan tulus jadikan itu menjadi sebuah ibadah keppada tuhan yang maha esa,karena apa yang kita tanam di dunia insya allah akan allahh balas nanti di akherat sana,saya sangat yakin itu.

Karena ada pepatah apa yang kita tanam sekarang di lain waktu akan kita panen hasilnya baik itu atau pun buruk. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa di jadikan bahan referensi untuk mahasiswa/mahasiswi atau guru sekalipun.dan saya niatkan membuat artikel ini.

Untuk kemajuan bangsa Indonesia dan dengan menciptakan anak-anak bangsa yang berkualitas dan berprestasi untuk nusa bangsa dan agama.

tatarpasundan.com – Mungkin itu saja ulasan dari artikel ini semoga bisa menambah pengetahuan anda dan bisa bermanfaat untuk kita semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.